Khasiat Minyak Habbatussauda (Jintan Hitam) yang Dibutuhkan Tubuh

Khasiat Minyak Habbatussauda (Jintan Hitam)

Info Herbamart – Siapa yang tidak kenal dengan khasiat herbal yang satu ini. Telah banyak jurnal ilmiah yang membahas khasiat minyak habbatussauda (jintan hitam). Riset yang ada menunjukkan bahwa habbatussauda mengandung zat aktif yang sangat membantu proses penyembuhan penyakit dan juga mengandung nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga jintan hitam tidak hanya dikonsumsi saat tubuh sedang sakit saja, tetapi juga sangat baik dijadikan konsumsi harian untuk menjaga tubuh tetap prima.

Diantara khasiat dari minyak habbatussauda (jintan hitam) yang baik bagi kesehatan kita, adalah:

Sumber Gizi

Habbatussauda kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalamnya terkadung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan potassium. Unsur – unsur tersebut dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tidak banyak tetapi memiliki fungsi penting sebagai unsur non-protein yang dibutuhkan oleh beberapa enzim agar tetap aktif (kofaktor). 
 
Jintan hitam mengandung 8 dari 9 asam amino esensial yang juga penting bagi tubuh. Tetapi tubuh tidak dapat memproduksi asam amino esensial sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya seperti khasiat habbatussauda.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat minyak habbatussauda dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh telah banyal dibuktikan dalam berbagai riset. El-Kadi et al, 1990, membuktikan bahwa salah satu khasiat jintan hitam adalah pengaruhnya dalam memperbaiki perbandingan sel-sel T pembantu terhadap sel-sel T penekan pada para penderita kelemahan sistem kekebalan tubuh, dimana kondisi mereka membaik, jumlah sel-sel T pembantu meningkat sedangkan jumlah sel-sel T penekan berkurang. 
 
Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, diantaranya tidak mudah terinfeksi oleh mikroorganisme, baik itu bakteri, virus, jamur, protozoa dlsb; tercegah dari penyakit kanker; tercegah dari penyakit degeneratif akibat proses penuaan; metabolisme tubuh berjalan dengan baik; membantu penyembuhan AIDS dan penyakit lain yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai Antioksidan

Antioksidan berguna melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang menimbulkan kerusakan jaringan dan munculnya beberapa penyakit seperti arterosklerosis, kanker, pikun, flu, glukoma dan degenerasi makular, mengurangi risiko terhadap oksidasi kolestrol dan penyakit jantung, anti-penuaan dari sel dan keseluruhan tubuh dsb. 
 
Bukti ilmiah mengenai kandungan antioksidan didalam habbatussauda dalam publikasi Majalah J Vet Med Clin Med, 2003, para peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh jintan hitam dalam mencegah oksidasi pada tikus-tikus percobaan yang diberi zat carbon tetrachloride. Sejumlah tikus diberi minyak jintan hitam melalui peritoneum. Para peneliti menemukan bahwa khasiat minyak habbatussauda mengurangi kadar oksidasi lemak, serta meningkatkan aktivitas anti-oksidasi (antioksidan). [IH]

Sumber bacaan:
http://www.myhabbats.com/index.php/herbal-sunnah/travel-news/getaways/502-7-alasan-mengapa-habbatussauda-sangat-diperlukan-oleh-tubuh
http://majalahkesehatan.com/7-manfaat-habbatussauda-jintan-hitam/
http://www.arrahmah.com/news/2013/02/15/khasiat-luar-biasa-habbatussauda-jinten-hitam-dalam-hadits-dan-ilmu-medis.html#sthash.sjiY18RU.dpuf



Title : Khasiat Minyak Habbatussauda (Jintan Hitam) yang Dibutuhkan Tubuh
Description : Info Herbamart – Siapa yang tidak kenal dengan khasiat herbal yang satu ini. Telah banyak jurnal ilmiah yang membahas khasiat minyak habb...

0 Response to "Khasiat Minyak Habbatussauda (Jintan Hitam) yang Dibutuhkan Tubuh"

Posting Komentar