Kenali dan Cegah Diabetes Secara Alami

 Kenali dan Cegah Diabetes Secara Alami
Info Herbamart - Diabetes melitus atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan kencing manis atau penyakit gula adalah kondisi dimana tubuh kita mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah diatas batas normal. Diabetes melitus juga dikatakan sebagai top five penyakit pembunuh di dunia dan pada tahun 2013, Indonesia memiliki sekitar 8,5 juta penderita diabetes mellitus yang merupakan jumlah ke-empat terbanyak di Asia dan nomor-7 di dunia. Sehingga kiranya penting bagi kita untuk mengenali dan mencegah diabetes melitus sedini mungkin secara alami.

Bagaimana Seseorang Bisa Menderita Diabetes Melitus?

Setiap makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi zat gula (glukosa) dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh aliran darah. Glukosa akan diserap oleh sel – sel tubuh dengan bantuan hormon insulin, dimana sel – sel tubuh membutuhkan glukosa agar dapat bekerja secara normal. Glukosa tersebut akan diserap oleh sel – sel tubuh, apabila:

Jumlah hormon insulin yang dihasilkan oleh organ prankeas dalam keadan normal dan kondisi sel – sel tubuh dalam keadaan normal (tidak resisten terhadap insulin). Apabila salah satu atau kedua keadaan tersebut diatas tidak normal maka terjadilah kenaikan glukosa dalam darah. Hal inilah yang terjadi pada penderita diabetes melitus.

Untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia) pada penderita diabetes mellitus yang berlangsung dalam waktu lama, dimana akan menyebabkan kerusakan serius pada system tubuh kita, terutama pada saraf dan pembuluh darah. Maka, sangatlah penting untuk melakukan control kadar glukosa dalam darah secara rutin.

Tipe Diabetes Melitus

Diabetes Melitus Tipe 1, penyebabnya adalah infeksi virus atau reaksi auto-imun (rusaknya sistem kekebalan tubuh), yang merusak sel-sel penghasil insulin dalam pankreas, akibatnya sangat tergantung pada injeksi insulin untuk bertahan hidup. Jumlah kejadiannya sangat langka, hanya sekitar 10% dari total penderita diabetes di dunia dan kurang dari 1% di Indonesia.

Diabetes Melitus Tipe 2, penderita pada awalnya tidak mempunyai gangguan pada pankreas maupun produksi hormon insulinnya. Tetapi seiring berjalannya waktu bertambahnya usia dan pola makan serta kondisi lingkungan menyebabkan menurunnya kinerja kelenjar pankreas atau terjadinya resistensi sel terhadap insulin.

Penderita diabetes melitus tipe 2 ini sering sekali tidak diketahui lebih awal. Karena diabetes mellitus tipe 2 ini berkembang sangat lambat, bias sampai bertahun-tahun. Karena itu, gejalanya sering kali tidak jelas terasa dan ironisnya baru terdeteksi setelah penyakit ini menunjukkan komplikasi berupa kerusakan organ tubu seperti mata, syaraf, ginjal, dan lain sebagainya. Sehingga penting mengetahui gejala – gejala diabetes mellitus sejak dini agar dapat mencegahnya.

Kadar gula pada darah yang normal adalah 70 – 120 mg/dl, kadar gula ini akan meningkat segera setelah makan dan akan kembali normal setelah 1 – 2 jam. Sedang bagi penderita diabetes melitus tipe 2 kadar gula yang baik adalah antara 70 – 170 mg/dl untuk kondisi sebelum sarapan atau 4 – 5 jam setelah makan. Kadar gula harus dibawah 200 mg/dl 2 jam setelah makan. Mari cegah diabetes mellitus sedini mungkin secara alami.
Gejala dan Tanda yang Menyertai Diabetes Melitus Tipe 2

Sering merasa lapar, haus dan sering buang air kecil di malam hari
Mudah lelah dan berat badan menurun tanpa diet
Luka yang sulit sembuh, kulit kering dan gatal – gatal
Kehilangan kepekaan rasa dan kesemutan pada kaki
Kualitas penglihatan menurun

Siapa yang Berpotensi Menderita Diabetes Melitus Tipe 2

Kelompok usia dewasa tua (>45 tahun), sebaiknya mulai memeriksakan kadar darahnya
Kegemukan, dengan kelebihan berat badan mencapai 20% diatas normal
Keturunan, yaitu yang mempunyai ayah, ibu dan saudara yang menderita diabetes melitus
Memiliki tekanan darah tinggi diatas 140/90 mmHg
Riwayat gestational diabetes ketika hamil dan melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg

Tips Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2 

Rutin melakukan cek gula darah
Mengatur pola makan yang sehat (rendah kalori dan lemak)
Olahraga teratur dan menjaga berat badan yang ideal
Jika positif menderita diabetes melitus, cegah terjadinya penurunan gula darah secara drastis yang disebabkan oleh:
  • Menunda waktu makan / tidak makan
  • Makan terlalu sedikit
  • Olahraga berlebihan
  • Konsumsi obat diabet (sintetik) berlebihan
  • Mengkonsumsi alkohol
Mengkonsumsi obat herbal alami yang mampu memperbaiki fungsi pankreas dan mengendalikan gula darah secara alami.

Mengenali dan mencegah diabetes melitus sedini mungkin secara alami sangat berperan untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga kita. Salam hidup sehat alami. [IH]

Sumber bacaan:
Majalah Kesehatan PT. Naturindo Fit
http://diabetesmelitus.org/definisi-tipe-diabetes/
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/kenali.tipe.diabetes/005/005/322
http://id.wikipedia.org/wiki/Diabetes_melitus
Title : Kenali dan Cegah Diabetes Secara Alami
Description : Info Herbamart - Diabetes melitus atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan kencing manis atau penyakit gula adalah kondisi dim...

0 Response to " Kenali dan Cegah Diabetes Secara Alami "

Posting Komentar